ini dia makanan sehat pengganti nasi untuk penderita diabetes militus

Buat orang Indonesia, nasi adalah panganan inti yang tidak dapat dicoret dari menu makanan keseharian. Walau sebenarnya, kandungan indeks glikemik (IG) yang terdapat dalam nasi cukuplah tinggi, lho, yakni seputar 88 – 89. Nah, kandungan IG yang tinggi ini nyatanya bisa meningkatkan kandungan gula darah. Oleh karena itu, beberapa pasien diabetes tidak disarankan untuk sangat sering konsumsi nasi.

Lantas, sumber karbohidrat tidak hanya nasi yang bisa dikonsumsi oleh Anda yang menanggung derita diabetes? Tenang, banyak jalan ke arah roma, beberapa pilihan karbohidrat tidak hanya nasi biasa. Ingin tahu? Yuk, cek rincian selengkapnya di bawah ini:

  • Kentang

Kentang mempunyai jumlahnya karbohidrat yang lebih dikit dibanding nasi putih. Diluar itu, umbi batang yang satu ini pula memiliki kandungan vitamin B6, B1, B3, B5, C, kalium, fosfor, mangan, magnesium, serta zat besi yang bagus untuk badan sebab bermanfaat untuk membuat sel darah merah sekaligus juga menahan anemia. Buat Anda pasien diabetes, mengkonsumsi kentang untuk ganti nasi dianjurkan karena bisa mengawasi kesehatan jantung, otot, serta saraf; dan mengurus kandungan gula badan. Hebat, kan?

  • Gandum/Oat

Gandum diketahui mempunyai jumlahnya karbohidrat yang lebih rendah dibanding nasi. Diluar itu, gandum pun populer akan kandungan lemaknya yang rendah, akan tetapi tinggi akan protein serta serat. Nah, salah satunya type gandum yang popular dikonsumsi ialah oat. Inilah faedah oat yang perlu Anda kenali:

Memiliki kandungan serat larut yang tinggi hingga dapat turunkan kandungan kolestrol serta mengatur berat tubuh.

Memiliki kandungan avenanthramide, yaituantioksidan yang dapat kurangi kolestrol jelek serta kemungkinan penyakit jantung.

Memiliki kandungan serat yang berperan menjagakadar gula darah masih konstan. Diluar itu, serat pun dapat menahan timbulnya penyakit kanker.

Memiliki kandungan beta-glukan yang mampumeningkatkan skema imun.

  • Jagung

Di sejumlah lokasi Indonesia, seperti Sulawesi serta Nusa Tenggara, jagung lebih umum dikonsumsi menjadi makanan inti di banding nasi. Tidaklah heran, karena tidak hanya rendah kalori, jagung pun memiliki kandungan beberapa type vitamin B, seperti B1, B3, B5, serta B9 atau folat. Diluar itu, jagung pun mempunyai IG yang lebih rendah di banding nasi putih, yakni cuma sebesar 56. Punya niat ganti nasi dengan jagung? Yuk, ketahui beberapa faedah jagung buat badan!

Kandungan seratnyadapat menahan penyakit wasir serta kanker usus.

Mempunyai kandungan tiamin serta niacin yang bisa mengawasi sel saraf.

Memiliki kandungan vitamin E yang bisa membuat perlindungan badan dari penyakit.

Mineral serta fosfor yang bisa mengawasi kesehatan tulang serta ginjal.

Memiliki kandungan anti-oksidan yang dapat menahan kanker.

Mengawasi jantungdan kandungan kolestrol, dan menahan anemia.

  • Nasi merah

Anda tentunya seringkali dengar jika mengkonsumsi nasi merah lebih baik di banding nasi putih sebab kandungan karbohidratnya yang lebih rendah. Lantas, amankah nasi merah dikonsumsi oleh beberapa pasien diabetes? Tenang! Faktanya, nasi merah mempunyai IG sekitar 50 hingga aman untuk dikonsumsi oleh pasien diabetes.

  • Ubi

Ubi memiliki kandungan karbohidrat sekitar 20,1 gr/100 gr sajiannya. Diluar itu, kandungan vitamin A, B1,B5, B6, mangan, magnesium, fosfor, serta kalium di dalamnya begitu bagus untuk kesehatan badan serta bisa membuat Anda kenyang lebih lama.
Pilihan sumber karbohidrat yang lebih sehat dibanding nasi serta kentang
Walau nasi putih mempunyai nilai IG yang cukup tinggi, Anda tidak mesti betul-betul pantang makan nasi bila miliki diabetes. Tidak hanya mesti memperhatikan porsinya (baca sedetailnya di ketentuan makan nasi untuk pasien diabetes), type beras pun nyatanya terpenting untuk dilihat jika Anda masih ingin makan nasi.

Beberapa macam beras memiliki indeks glikemik yang lebih rendah di banding type beras yang lain. Menjadi pilihan yang lebih sehat dari nasi putih, Anda dapat memakai beras merah (nilai IG 50) atau beras Basmati (nilai IG 63). Kedua-duanya termasuk juga dalam kelompok glikemik tengah yang lebih aman untuk gula darah. Berdasar pada studi beberapa periset di Harvard, konsumsi nasi merah dengan teratur menolong kurangi resiko diabetes sampai 20 %.

Bubur havermut (oatmeal) juga dapat Anda buat jadi alternatif nasi sebab memiliki kandungan indeks glikemik 55 yang termasuk juga rendah. Kandungan serat oatmeal yang tinggi pun menolong perlambat laju penyerapan karbohidrat pada tubuh. Perihal ini pasti memberikan dampak yang menguntungkan dalam pengendalian kandungan gula darah.

Diluar itu, ubi jalar dapat Anda mengkonsumsi menjadi alternatif kentang yang lebih sehat sebab mempunyai nilai IG 70. Ubi jalar baik untuk dikonsumsi sebab memiliki kandungan beta carotene yang baik untuk menahan beberapa jenis penyakit. Ubi jalar pun memiliki kandungan serat yang semakin banyak dibanding kentang, hingga konsumsi ubi jalar akan tidak meningkatkan level gula darah Anda dengan tidak diduga.

Itu barusan beberapa sumber karbohidrat yang bisa dikonsumsi oleh beberapa pasien diabetes. Jadi, ingin pilih yang manakah?

Resep olahan kentang yang bikin diet kamu makin seru

Kentang adalah salah satunya bahan harus untuk kamu beberapa aktor diet, kentang memiliki kandungan banyak protein dan kalsium yang baik untuk badan. Kentang begitu gampang di proses menu diet yang lezat serta masih rendah kalori. Kentang jadi sumber karbohidrat alternatif nasi yang dapat memberikan perasaan kenyang lebih lama.

Menjadi aktor diet, tentu kamu akan jemu jika cuma memakan kentang yang di rebus terus-terusan saja. Di tempat ini kamu akan temukan beberapa resep olahan kentang yang lezat serta membuat kamu semakin semangat melakukan dietmu. Berikut 7 resep olahan kentang sangat popular buat kamu, yuk kepoin!

Mashed potato umumnya dipakai untuk ganti nasi, jadi kamu dapat menikmatinya dengan penambahan lauk yang sesuai dengan hasrat kamu, seperti chicken fillet, mushroom, sosis, serta ada banyak kembali.

Langkah membuat sederhana, rebus kentang sampai masak lantas leburkan, tumis kentang yang dihancurkan lantas imbuhkan dikit lada,keju,susu fullcream serta masak sampai mendidih.

Tidak sampai 10 menit, mashed potato siap jadi sajian lezat pada pagi hari!

Cemilan potato wedges ini kembali booming di kelompok aktor diet ataupun tidak, banyak fastfood yang menjualnya. Untuk mengirit, kamu dapat membuat cemilan lezat ini di dalam rumah atau kos.

Langkah membuat, potong wedges kentang yang telah kamu rebus serta bersihkan bersih. Rendam potongan kentang di air garam saat 5 menit, lantas tata kentang di loyang berikan dikit lada,garam,oregano serta panggang dengan suhu 180 derajat saat 30 menit.

Hmm yummy wanginya enak sekali, cocol sama saus keju serta mayonise lebih lezat. Habis banyak juga tidak akan membuat tubuh kamu melar!

Krim soup potato selintas serupa dengan mashed potato, akan tetapi krim soup potato mempunyai cita perasaan yang berlainan serta tentunya menggoyang lidah.

Langkah memasaknya, panasi minyak lantas tuangkan kentang yang telah dihancurkan, bawang bombay, potongan beef, sayuran, susu cair, serta kaldu ayam. Masak saat 10 menit, dengan api tengah serta aduk kadang-kadang.

Sediakan pada saat hangat, imbuhkan topping potongan daging serta daun bawang, yummy!

Baked potato pun adalah menu olahan kentang yang sangat disukai beberapa aktor diet, kamu mesti mencobanya.

Langkah membuat cukuplah gampang, pilih kentang yang memiliki ukuran besar serta bersihkan sampai bersih sebab kulitnya akan turut dibuat. Iris sisi atas kentang jadi empat sisi akan tetapi jangan pernah putus, masukan tumisan brokoli imbuhkan dikit lada. Masukan kentang ke alumunium foil serta oven saat 15 menit.

Baked potato siap mengenyangkan perutmu waktu di landa lapar, makanan lezat ini dapat kamu nikmati kapanpun kamu ingin!

Salad potato jadi menu makanan dessert yang tidak bisa kamu terlewat, membuat begitu sederhana but tasty. Langkah membuat, potong dadu kentang yang telah di rebus, imbuhkan yogurt, buah-buahan, dikit garam serta lada lalu tumis sampai rata. Taruh dalam almari pendingin saat 15 menit atau sepanjang hari.

Salad potato siap di nikmati sekalian melihat film kesukaanmu!

Gamja jorim ini jadi makanan kuliner sangat favorite lHO di Korea, walau namanya susah langkah membuat cukuplah gampang nyatanya. Langkah awal rebus baby potato dengan air yang sudah ditambah garam serta lada sampai masak. Lalu tumis bawang putih, baby potato, imbuhkan madu, kecap manis, kecap ikan, minyak wijen, garam, gula, serta kaldu ayam. Masak sampai meresap. Sediakan dengan meningkatkan wijen, wah gamja jorim siap buat sajian super lezat yang rendah kalori untuk kamu!

Nugget potato bisa saja menu andalan kamu bikin makanan lezat di kosan, kamu juga dapat membuat dengan gampang. Pertama kali leburkan kentang yang telah di rebus, imbuhkan garam, lada,b awang merah. Bentuk adonnan kentang jadi persegi, celupkan ke kocokan telur serta oleskan ke tepung roti. Diamkan selam 30 menit di freezer supaya tepung roti menempel. Goreng sampai keemasan, dicocol sama saus sambal semakin tasty!

Nugget potato siap di santap untuk bekal kamu, meskipun akhir bulan kamu masih dapat makan lezat. Stock yang banyak ya nuggetnya di freezer!

Langkah membuat mungkin perlu waktu lama, tetapi tentu kamu NGgak akan sedih dengan pie potato bikinan kamu sendiri yang lebih lezat serta menggugah hasrat.

Langkah 1 : tumis kentang yang dihaluskan, daging ayam cincang, wortel, bawang bombay, susu, serta garam sampai masak.

Langkah 2 : membuat kulit pie triknya masukan 250 gr tepung terigu, 150 gr mentega, 50 gr gula, 2 sendok makan susu bubuk, 1 butir telur, 50 gr keju, serta dikit garam. Uleni adonan sampai kalis, taruh di almari pendingin 30 menit.

Langkah 3 : pipihkan adonan kulit di cetakan pie yang telah di oleskan mentega lantas masukan bahan isi serta tutup dengan adonan kulit pie. Masukan ke oven saat 45 menit dengan suhu 180 derajat.

Voila! Pie kentang siap disantap bareng yang paling disayangi kamu.

Sekarang kamu tidak akan bosen kembali menjalankan program diet, sebab resep olahan kentang diatas betul-betul jadi jalan keluar pas buat sajian lezat dietmu. Kamu juga tidak kembali terasa tersiksa waktu memerankan diet tiada nasi serta jadi tambah energi sebab memakan makan sehat dari olahan kentang. Jadi, ingin membuat olahan kentang apakah besok?

Masih tidak mudah menyerah ya.